Mencegah Sariawan

Mencegah Sariawan – Sariawan merupakan persoalan kesehatan mulut yang sering kali terjadi. karena terlalu sering sudah menjadi hal biasa, namun meskipun biasa tetapi tetap saja merasakan tidak nyaman pada bagian mulut ketika memiliki sariawan. Sariawan menyebabkan rasa perih dan nyeri bahkan yang parah menyulitkan untuk makan karena jika terkena makanan rasa perih akan semakin terasa. Banyak orang yang mengalami sariawan karena kurang menjaga kesehatan mulutnya dengan baik. bentuk sariawan seperti luka yang memerah atau berwarna putih pada dinding mulut yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Luka di dalam mulut ini biasanya muncul secara tiba tiba baru disadari ketika ada rasa tidak nyaman pada mulut. terjadinya sariawan bisa semua kalangan usia. Sebenarnya sariawan bisa sembuh dengan sendirinya namun banyak orang yang tidak nyaman dengan sariawan sehingga ingin cepat sembuh. Proses penyembuhan cepat atau lambat tergantung pada kekebalan tubuh masing masing orang. gangguan kesehatan ini juga bisa kambuh maka dari itu mencegah sariawan agar tidak mengalaminya.

Penyebab sariawan yang paling utama karena infeksi jamur. mulut di infeksi jamur Candida albicans. Jamur ini jika dalam kondisi normal atau tidak sakit dan kekebalan tubuh stabil tidak akan menginfeksi dan memang berada di dalam mulut tetapi di saat kekebalan tubuh menurun maka ada kesempatan untuk jamur berkembang begitu cepat sehingga hal ini lah yang akan menyebabkan sariawan. Oleh karena itu hal ini bisa menyebabkan sariawan karena infeksi jamur pada mulut. ada juga faktor pemicu sariawan lainnya seperti karena kurang asupan nutrisi atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. kekurangan vitamin bisa menyebabkan kesehatan menurun sehingga rentan untuk terinfeksi.

Ketika sering mengalami sariawan maka ada kemungkinan jika penyebabnya karena kebersihan mulut kurang dijaga dengan baik. kebersihan mulut ini harus di jaga agar tidak menyebabkan bau mulut atau pun di infeksi. jarang sikat gigi menyebabkan sisa makanan menempel pada gigi dan kondisi ini meningkatkan risiko untuk terjadinya infeksi pada pada gigi yang menyebabkan sakit gigi atau pun bagian mulut yang akan menyebabkan sariawan pada akhirnya. Sering juga sariawan terjadi akibat benturan dengan sikat gigi. Karena terlalu cepat menggosok gigi bisa terbentur dengan gusi atau sisi mulut lainnya jadi setelahnya akan menjadi sariawan yang terasa sangat sakit dan tidak nyaman.

Mencegah Sariawan

Terjadinya sariawan juga bisa dikarenakan oleh penggunaan gigi palsu, apabila gigi palsu yang digunakan ukurannya tidak pas dengan ukuran gigi asli sehingga pemakaian yang tidak pas menyebabkan goresan dengan bagian mulut dan hal ini lah yang menyebabkan sariawan sering kali terjadi pada saat penggunaan gigi palsu. Seperti yang disebutkan sebelumnya sariawan terjadi akibat infeksi oleh jamur, dan infeksi jamur lebih rentan terjadi karena kekebalan tubuh sedang menurun, oleh karena itu faktor penyebab sariawan juga bisa dikarenakan menderita gangguan kesehatan yang menyebabkan kesehatan menurun terus seperti penyakit diabetes atau pun penyakit hiv yang lebih parah. efek samping obat yang menyebabkan mulut kering pun juga memicu sariawan.

Sangat tidak nyaman bagian mulut akibat memiliki sariawan dan kondisi lainnya ketika mengalami sariawan seperti Luka berwarna putih yang biasa muncul di lidah atau dinding mulut, Perdarahan ringan yang terjadi jika luka tersebut tergores, Sensasi terbakar pada mulut, Bagian dalam mulut dan tenggorokan memerah dan terasa perih sehingga sulit menelan saat makan, Kulit di bagian sudut mulut pecah-pecah atau kemerahan (khususnya pada pengguna gigi palsu), Demam saat sariawan menyebar hingga ke kerongkongan. Gunakan obat sariawan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat dan agar tidak mengalaminya lagi bisa mencegah sariawan. Dibawah ini beberapa cara mencegah sariawan :

  • Mencegah sariawan dengan makan makanan sehat

Untuk pencegahan sariawan cara yang dapat dilakukan ialah menjaga kesehatan mulut dengan baik dengan cara mengkonsumsi makan makanan sehat agar tubuh tidak kekurangan nutrisi yang memicu penurunan kekebalan tubuh jadi rentan untuk di infeksi. makan buah buahan khususnya yang mengandung vitamin C sangat bagus untuk mulut dan mencegah sariawan serta konsumsi makanan sehat lainnya.

  • Mencegah sariawan dengan menjaga kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi teratur minimal 2 kali sehari, akan lebih baik jika beberapa saat setelah makan pun juga dilakukan agar sisa makanan tidak menempel dan memicu infeksi baik pada mulut atau pun pada gigi.

  • Mencegah sariawan dengan berhenti merokok

Hindari rokok untuk menjaga kesehatan mulut dengan baik sehingga tidak mudah mengalami sariawan atau yang lainnya.

  • Mencegah sariawan dengan banyak minum

Karena jika mulut kering rentan untuk di infeksi maka dari itu banyak minum juga termasuk cara mencegah sariawan. Jika menggunakan obat yang menggunakan efek samping mulut kering maka tingkatkan asupan air agar tidak menyebabkan mulut kering.

  • Mencegah sariawan dengan merawat gigi palsu

Apabila menggunakan gigi palsu pun juga harus dirawat dengan baik, meskipun palsu tetapi fungsinya menggantikan gigi asli jadi perawatannya pun sama. Sering cek kesehatan mulut dan gigi juga sangat penting dilakukan. (By:RM)

Mencegah Sariawan


>>> Kapsul Herbal Sariawan Untuk Mengatasi Sariawan Terus Menerus dan Panas Dalam, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Sariawan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.