Sakit Sariawan

Salah satu masalah mulut yang menyiksa karena terasa perih dan mengganggu adalah sariawan. Kebanyakan orang pasti pernah mengalaminya, dimana jaringan lunak di mulut terlihat luka kemerahan dan terasa nyeri. Sariawan atau Stomatitis Aftosa Rekuren (SAR) adalah peradangan pada mukosa mulut berupa cekungan dangkal berwarna kekuningan dan dibatasi dengan daerah merah. Luka ini biasanya terdapat pada bagian dalam bibir, pipi, dasar mulut, dan lidah, dan tidak jarang ditemukan pada gusi dan langit-langit mulut.

Berbeda dengan luka tergigit biasa, luka tergigit bisa akan sembuh dan tidak kambuh lagi. Tetapi sariawan merupakan penyakit kambuhan atau berulang dalam hitungan minggu, bulan atau tahunan. Sariawan bisa muncul kembali pada tempat yang sama ataupun berbeda, dengan atau tanpa pemicu fisik seperti tergigit atau tergores.

Macam-Macam Sariawan

Penyebab utama terjadinya sariawan sampai saat ini belum diketahui pasti, tetapi ada beberapa faktor pemicu sariawan.

Faktor-faktor terbesar adalah :

– Keturunan
– Kekurangan zat dalam darah seperti vitamin C, zat besi, folat, dan komponen vitamin B lain
– Luka tergigit pada mulut
– Stres
– Gangguan kekebalan tubuh
– Infeksi virus atau bakteri

Selain itu, pada wanita, kondisi hormonal juga bisa mempengaruhi datangnya sariawan, misalnya ketika sedang atau menjelang menstruasi.

Penyakit sariawan cukup sulit untuk ditangani. Selama penyebabnya belum dihilangkan, sariawan akan terus kambuh. Obat sariawan yang tersedia di pasaran kebanyakan bersifat relief of pain atau hanya mengurangi rasa nyeri, tetapi tidak menyembuhkan sariawan itu sendiri. Untuk mengoptimalkan penyembuhan sariawan agar tidak kambuh secara terus menerus, maka penyebabnya harus segera di cari dengan mengevaluasi setiap faktor penyebab pada penderita. Setiap penderita bisa memiliki cara pengobatan yang berbeda sesuai dengan penyebabnya masing-masing


>>> Kapsul Herbal Sariawan Untuk Mengatasi Sariawan Terus Menerus dan Panas Dalam, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Sariawan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *